Thursday, August 1, 2013

Sekilas Tentang SoundFont

salam damai :)
buat anda pencinta musik, terkhusus untuk yang sering buat musik di fl studio anda pasti paham dengan SoundFont. Jika anda belum tahu saya akan menjelaskan sedikit tentang SoundFont adalah nama merek yang secara kolektif mengacu pada format file dan teknologi terkait yang dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara direkam dan disintesis audio, terutama untuk keperluan komposisi musik komputer. SoundFont juga merupakan merek dagang terdaftar dari Sistem E-mu, Inc, dan lisensi eksklusif untuk re-format dan mengelola konten SoundFont sejarah telah diakuisisi oleh Digital Sound Factory.

Teknologi SoundFont merupakan implementasi dari sintesis berbasis sampel, pertama kali digunakan pada Sound Blaster AWE32 kartu suara untuk dukungan MIDI Umum, dan masih didukung pada produk Suara Blaster saat ini.


Sejarah Singkat SountFont

Asli SoundFont 1.0 versi format file dikembangkan pada awal 1990-an oleh Sistem E-mu dan Creative Labs. Sebuah spesifikasi untuk versi ini tidak pernah dirilis ke publik. Yang pertama dan satu-satunya perangkat utama untuk memanfaatkan versi ini adalah Creative Suara Blaster AWE32 pada tahun 1994. File dalam format ini konvensional memiliki ekstensi file. SBK.

SoundFont 2.0 versi format file dikembangkan pada tahun 1996. The 2.0 format umum representasi data menggunakan perseptual aditif unit dunia nyata, merumuskan kembali beberapa instrumen fitur layering dalam format, menambahkan dukungan sampel stereo benar dan dihapus beberapa fitur jelas dari versi 1.0 yang perilakunya sulit untuk menentukan. Versi ini sepenuhnya diungkapkan sebagai spesifikasi umum, dengan tujuan membuat format SoundFont standar industri. Semua perangkat yang kompatibel 1.0 SoundFont yang diperbarui untuk mendukung format SoundFont 2.0 lama setelah format dirilis ke publik, dan akibatnya versi 1.0 menjadi usang. File dalam format ini (dan semua format 2.x lainnya, lihat di bawah) konvensional memiliki ekstensi file dari SF2.

SoundFont 2.1 versi format file diperkenalkan pada tahun 1998 dengan produk kartu suara E-mu disebut Audio Production Studio. Versi 2.1 menambahkan fitur yang memungkinkan desainer suara untuk mengkonfigurasi cara MIDI controller mempengaruhi parameter synthesizer. Format 2.1 bidirectionally kompatibel dengan format 2.0, yang berarti bahwa synthesizer mampu rendering Format 2.1 juga akan menurut definisi render 2.0 format, dan synthesizer yang hanya mampu rendering Format 2.0 akan juga membaca dan membuat format yang 2.1, tetapi hanya tidak berlaku fitur-fitur baru.  

The SoundFont 2.4 versi format file diperkenalkan pada tahun 2005 dengan Sound Blaster produk X-Fi. (Tidak pernah ada 2.2 atau versi 2.3.) Format 2.4 menambahkan dukungan untuk sampel 24-bit. Format 2.4 adalah bidirectionally kompatibel dengan format 2.1, yang membuatnya jadi synthesizer yang hanya mampu rendering 2.0 atau format 2.1 akan secara otomatis membuat instrumen menggunakan sampel 24-bit pada 16-bit presisi.

Jika anda berminat untuk menggunakan SoundFont, silakan download di sini
  

No comments:

Post a Comment